3 Tips Belajar Php Framework

By | November 12, 2018

Pada artikel belajar php kali ini, ada beberapa tips belajar php framework yang bisa Anda terapkan agar pembelajaran menjadi lebih cepat dan mudah.

Php saat ini adalah bahasa / platform paling banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi dan situs web berbasis web. Pada saat yang sama itu adalah yang termudah untuk dipelajari dan digunakan. Ada banyak situs web tutorial gratis di luar sana yang dapat diikuti untuk belajar php tanpa banyak usaha. Seiring dengan alat-alat ini memiliki pendekatan yang tepat dapat mempercepat kurva belajar.

  1. Buat aplikasi

Setelah mempelajari konstruksi bahasa dasar, mulailah membuat sesuatu sendiri. Proyek adalah lingkungan nyata untuk mempelajari semua aspek bahasa dari semua sudut. Topik seperti koneksi database, bentuk penanganan, sesi, keamanan semua akan datang sendiri dan proses pembelajaran akan lebih praktis daripada hanya membaca buku bab demi bab dan melupakannya lagi.

Misalnya Anda dapat mulai membangun cms dasar, yang memungkinkan untuk membuat halaman di situs web. Ini akan membutuhkan penanganan formulir, penyimpanan basis data, dan sesi. Lalu perlahan-lahan perkenalkan hal-hal baru seperti mengunggah file, manajemen media, dll. Pada saat Anda selesai menulis aplikasi lengkap, Anda akan mengetahui jauh lebih banyak daripada apa yang akan Anda pelajari dengan hanya membaca buku.

  1. Mulai menggunakan kerangka MVC

Setelah Anda dapat membuat aplikasi yang dapat dikerjakan dengan menyatukan skrip, kerangka kerja mvc adalah hal penting berikutnya untuk dipelajari. Berdiri untuk pengendali tampilan model, dan itu adalah “gaya” dari pengkodean yang sekarang default-ly digunakan dalam aplikasi web. Saya akan menyarankan memulai dengan codeigniter karena ini adalah cara termudah dan tercepat untuk belajar dan beradaptasi. Hampir semua jenis skrip php dapat dimasukkan ke dalamnya dengan sedikit usaha.

Kerangka kerja MVC terutama mengaktifkan 2 hal, yaitu:

  1. Pisahkan kode dinamis (php) dari kode statis (html, css, js) – Ini adalah kebutuhan serta pendekatan yang baik untuk menulis dan mengelola kode.
  2. Berlakukan kode berorientasi objek – MVC membawa OOP ke web scripting bersama dengan semua manfaatnya.

Jika Anda telah menulis aplikasi dasar di langkah 1 maka hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam kerangka MVC dan membuatnya lebih terorganisir.

  1. Baca dokumentasi

Php.net adalah situs web dokumentasi php dan berisi banyak literatur untuk dibaca pada waktu luang. Komentar-komentar itu secara khusus berisi saran dan cuplikan kode yang berguna. Jika Anda mengunjungi situs untuk fungsi tertentu, maka Anda dapat membaca lebih banyak hanya untuk informasi dan sebagainya.